Selamat Datang Di Blog Saya

Kamis, 26 Desember 2013

Aqiqah Razqa

Sesaat sebelum pemotongan hewan Aqiqah
Bismillahirrohmanirrohiim

Assalammu'alaikum....

Alhamdulillaah.... ya, itu yang selalu saya ucapkan ketika selesai melaksanakan suatu pekerjaan. Alhamdulillaah kewajiban kami (saya dan suami) meng Aqiqah kan Razqa anak kami sudah terlaksana.

Banyak yang bertanya pada saya, waah bagaimana itu kan sudah lewat dari waktu yang telah di tentukan, Karena meng Aqiqah kan Razqa di umur Razqa yg ke 8,5 bulan. Kemudian saya kembali membuka referansi-referansi mengenai dalil, hadist mengenai Aqiqah ini. Dari yang saya baca itu, memang banyak pendapat mengenai Aqiqah yang terlambat ini. Berikut penjelasan dari yang saya baca:

Hukum Aqiqah adalah sunnah muakad. Aqiqah bagi anak laki-laki adalah dengan 2 ekor kambing sedangkan bagi wanita dengan seekor kambing. Apabila mencukupkan diri dengan seekor kambing bagi anak laki-laki, itu juga diperbolehkan. Rasulullah SAW melakukan aqiqah kepada Hasan dan Husein, cucu Nabi ketika bayi berusia 7 hari, usia 14 hari dan 40 hari. Namun, aqiqah tidak ada ketentuan yang jelas (kemampuan), sepanjang hidupnya jika sudah mampu maka aqiqah adalah sunnah. Namun jika orang tua tidak mampu secara ekonomi, maka aqiqah boleh dicampur, karena hukumnya sunnah.

Pendapat lainnya dari Imam Malik bahwa hari ketujuh itu sunnahnya melihat dari Zhahir hadits diatas, apabila orang itu bisa melakukan pada hari ke empat, hari ke delapan atau hari kedua belas, silahkan tidak mengapa hal ini berdasarkan sabda Rasulullah untuk urusan yang berhubungan dengan social kemasyarakatan :permudahlah jangan kau persulit, selama ada landasan hukumnya yang kuat."

Jelaslah sudah banyak kemudahan dalam melaksanakan aqiqah ini tanpa harus saling berbantahan, lihat firman Allah SWT:

يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَ لاَ يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْر [البقرة] 185
Allah menghendaki kemudahan bagi kalian dan tidak menghendaki kesukaran bagi kalian

وَ مَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَج [الحج]78
" Dan Dia sekali-kali tidak menjadikan bagi kalian dalam urusan beragama suatu kesempitan"

Kita menundanya juga bukan karena hal-hal yang tidak penting, tetapi karena kesanggupan baru ada saat ini. Ya, terlepas dari itu, kami semua bersyukur telah dilaksanaknnya Aqiqah yang sangat kami tunggu-tunggu, dengan dipotongnya 2 kambing bagi anak laki-laki. Wassalammu'alaikum

Wallahu'alam Bishawab

2 komentar: